Jumat, 16 November 2012

Tentang ArcGIS (part 1)

       agan - agan, kali ini ane mau ngebahas tentang software untuk membuat atau mengolah peta ni, nama softwarenya itu ArcGIS. sebelum kita membahas lebih jauh tentang ArcGIS, ada baiknya terlebih dahulu kita mengetahui apa aja sih isi di dalam software ArcGISnya itu. kalau nanti ArcGIS sudah diinstal ke komputer atau laptop, maka didalamnya akan ada yang namanya ArcCatalog, ArcGlobe, ArcMap, ArcReader, dan ArcScene. nah untuk kali ini kita bahas dulu ArcCatalog dan ArcMap. ArcCatalog adalah salah satu program dari ArcGIS yang digunakan untuk mencari, mengorganisir, membagi struktur data dalam ArcGIS. jika melihat tampilan dan fungsinya, ArcCatalog memliki fungsi yang hampir sama dengan windows explorer. jika ingin mencari data di  dalam ArcCatalog, maka kita klik menu "Connect to folder". setelah itu tinggal kita cari folder dan datanya. di dalam ArcCatalog ada yang namanya content, preview dan metadata. content memiliki fungsi menampilkan nama dan tipe file yang kita buka.

     
Preview memiliki fungsi menampilkan isi dari file yang kita buka agar file tersebut tampak lebih jelas. Dengan menggunakan menu identify maka kita akan dapat melihat keterangan - keterangan dari file yang kita buka.


Sedangkan metadata memiliki fungsi menampilkan deskripsi atau penjelasan yang ada dalam file yang kita buka.


       Kemudian ada yang namanya ArcMap. ArcMap juga merupakan salah satu program dari ArcGIS yang dapat dikatakan sebagai program utama karena di ArcMap lah kita melihat, mengedit dan membuat data geospasial atau peta. Yang mau ane jelasin disini baru seputar cara untuk membuka/memasukkan data ke ArcMap. jika ingin memasukkan data ke ArcMap, kita dapat mengklik "add data" yang ada di menu file. kemudian jika ingin melihat tata letak atau layout dari peta/gambar yang sudah dibuka, kita dapat melihatnya dengan mengklik menu view dan pilih layout view, maka peta/gambar akan tampak berada dalam selembar kertas. kita dapat mengatur ukuran kertas apa yang ingin dipakai seperti halnya dalam microsoft word.

  

        jika peta/gambar yang kita edit atau buat telah selesai dan diatur dalam layout view, kita dapat menyimpannya dalam jenis file PNG, JPEG, PDF, EMF, Al, EPS, SVG, BMP, GIF dan TIFF yaitu dengan cara mengklik menu file dan pilih "export map". sepertinya sampai disini dulu pembahasan tentang ArcCatalog dan ArcMap. pembahasan selanjutnya akan ada dalam postingan selanjutnya...

Semoga Bermanfaat..   
            

1 komentar:

  1. Kalok jenis laptop yang cocok untuk progran ArcGIS itu kira2 ada gk....???

    BalasHapus