Rabu, 28 November 2012

Tentang ArcGIS (Part 3)

       Pada Postingan ane yang sebelumnya, ane udah ngejelasin tentang bagaimana memberikan koordinat ke peta/gambar yang tidak memiliki koordinat. kali ini kita masih akan melakukan hal yang sama, hanya saja peta yang kita ambil langsung dari google earth dan koordinatnya juga berasal dari google earth. langkah pertama yang harus kita lakukan tentu saja membuka aplikasi google earthnya dan pastikan internet sudah "connected" hahaha. kalau sudah ditentukan peta mana yang akan diambil, pilih menu add pada toolbar kemudian pilih "placemark" maka akan muncul tampilan seperti berikut:


di dalam tampilan diatas, ada dua koordinat yaitu latitude dan longitude. kedua koordinat itulah yang akan kita gunakan dalam proses georeferencing di ArcGIS nanti. tambahkan placemark sebanyak yang ente mau gan, di sini ane nambahin sampai 4 placemark dan jadi begini gambarnya


peta yang sudah diberi placemark itu di save, kemudian buka ArcGIS dan add data peta yang sudah disave barusan. seperti postingan ane sebelumnya, peta yang sudah ditambahkan untuk diproses di ArcGIS ini tidak memiliki koordinat, oleh karena itu hal yang pertama dilakukan dengan memilih menu View -> Data Frame Properties. pilih predefined -> Geographic Coordinate Systems -> World -> WGS 1984 kemudian klik Ok. setelah itu, kita lakukan georeferencing seperti yang sudah ane jelaskan di postingan sebelumnya yaitu menggunakan tools "add control points"


klik pada ujung dari placemark yang sudah ada kemudian klik kanan dan pilih "Input X dan Y" maka akan muncul tampilan seperti ini:


isi koordinat X dan Y pada kotak Enter Coordinates tersebut dengan koordinat yang sudah kita dapatkan di google earth tadi.
 
Lakukan hal yang sama pada placemark yang lainnya, setelah selesai lakukan update georeferencing.


Semoga Bermanfaat......


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar