Rabu, 12 Desember 2012

Tentang ArcGIS (Part 4)

       abang - abang kakak - kakak agan agan semuaaaaa.. kali ini ane mau ngejelasin tentang bagaimana sih cara mendigit bangunan, jalan dan lain - lain. kali ini ane ambil contohnya mendigit bangunan dulu yaa. langkah langkahnya seperti berikut ini...
untuk melakukan digitasi bangunan pada ArcGIS, terlebih dahulu kita harus membuat "Shape File". Shape File ini dibuat di dalam ArcCatalog. pada ArcCatalog, masuk ke folder tempat dimana kita menyimpan peta/gambar yang akan kita digit tersebut. setelah itu klik kanan pada mouse -> new -> Shapefile.


maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.


isi kolom name yang tersedia kemudian pilih salah satu feature type nya, dalam contoh kali ini kita pilih polygon. setelah itu klik tulisan edit untuk menentukan koordinat system yang akan kita pakai untuk shapefile tersebut. pilih Select -> Geographic Coordinate System -> World -> WGS 1984 kemudian Ok. dengan begitu Shapefile bangunan yang kita butuhkan sudah ada, untuk menambah kolom tabel yang terdapat dalam shapefile tersebut, cukup dengan mengklik dua kali shapefilenya, lalu tambahkan field yang ingin ditambahkan lalu klik ok. seperti pada gambar dibawah ini.


Setelah semua pengaturan pada shapefile bangunan selesai, barulah kita buka ArcGIS dan mulai mendigit. add data peta/gambar yang akan didigit dan juga shapefile bangunan yang tadi kita buat. kemudian tambahkan tools editor dengan cara memilih menu View -> Toolbars -> Editor.


barulah kita lakukan digitasi bangunan menggunakan Sketch Tools yang ada pada tools editor.


 digit satu demi satu bangunan yang ada pada peta/gambar yang telah kita masukkan itu. setelah satu bangunan selesai didigit, jangan lupa untuk "Open attribute Table" dengan cara klik kanan pada layer shapefile bangunan. isi keterangan pada kolom keterangan yang telah tersedia. begitu seterusnya sampai semua bangunan selesai kita digit....



Semoga bermanfaat.................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar