Rabu, 19 Desember 2012

Tentang ArcGIS (Part 5)

       menyambung dari apa yang telah kita lakukan pada postingan sebelumnya, maka kali ini kita akan mencoba untuk mendigit jalan. langkah awal yang harus dilakukan sama seperti sebelumnya, yaitu membuat shapefile terlebih dahulu pada ArcCatalog. disini ane menamai shapefilenya dengan "Jalan_Polygon" dan memilih feature type "polygon".


Jangan lupa untuk menentukan koordinat mana yang akan digunakan. setelah shapefilenya dibuat, klik dua kali pada shapefile tersebut kemudian akan muncul tabel yang berisi field - filed apa saja yang ada di dalam shapefile tersebut. tambahkan field keterangan dengan data type "text". Dengan begitu shapefile yang sudah dibuat sudah siap untuk didigit.


langkah selanjutnya adalah membuka ArcMap dan masukkan data shapefile jalan_polygon yang telah dibuat. kemudian barulah kita lakukan digitasi dengan menggunakan tools editor. klik pada tulisan editor dan pilih "start editing". kita dapat melakukan digitasi dengan sketch tools yang didalamnya terdapat beberapa pilihan.


Dan jangan lupa pastikan bahwa layer yang kita pilih adalah layer yang akan diproses yaitu layer jalan_polygon.


lakukan digitasi pada seluruh jalan yang ada dan jangan lupa untuk mengisi attribute tabelnya.


kita bisa menyatukan bentuk - bentuk digitasi yang telah kita kerjakan dengan cara memilih bentuk - bentuk digitasi tersebut menggunakan tools "select features" lalu klik pada tools editor dan pilih "merge".






Semoga Bermanfaat.........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar