Kamis, 27 Desember 2012

Tentang ArcGIS (Part 6)

Melenjutkan lagi dari postingan ane sebelumnya, kali ini kita akan mencoba mendigit sisa dari bagian - bagian pada peta yang belum terdigit. pada postingan sebelumnya, kita telah mendigit bangunan dan jalan, nah kita akan melanjutkan digitasi pada bagian yang belum didigit tetapi dengan cara yang berbeda. let's do it hahaha
kita anggap saja bagian yang  belum didigit itu adalah Ruang Terbuka Hijau (RTH). langkah pertama yang harus kita lakukan adalah menggabungkan attributes - attributes dengan jenis yang sama yang terdapat pada setiap layer. caranya yaitu dengan memilih attribute-nya lalu klik tools editor -> merge (jangan lupa untuk mengklik start editing sebelum memulai langkah - langkahnya dan pastikan targetnya benar).


lakukan hal yang sama pada attributes yang lain dan pada layer yang lain juga. setelah selesai jangan lupa untuk menyimpan perubahan dengan mengklik editor -> save edits


Langkah selanjutnya adalah menggabungkan layer - layer yang ada agar menjadi satu layer yang baru. hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan tools yang ada di toolbox. pada toolbox pilih Data Management Tools -> General -> Merge maka akan muncul tampilan seperti ini:


Masukkan layer - layer yang akan digabungkan pada kolom Input Datasets. setelah semua layer dimasukkan, klik Ok.


maka hasilnya akan ada layer baru yang merupakan gabungan dari beberapa layer.


barulah sekarang kita mulai mendigit RTH. diawali dengan mengklik editor -> start editing, dan jangan lupa pastikan target yang dipilih adalah layer yang baru dibuat tadi, dalam contoh ini ane kasi nama Merge_1.


buat rectangle pada peta yang ada dengan menggunakan sketch tool lalu isi attribute table-nya dengan keterangan RTH.


 Setelah itu pilih attribute yang ada di tabel attribute satu persatu. sebagai contoh ane pilih attribute perkantoran dan klik editor -> clip -> ok.


 Lakukan hal yang sama pada semua attribute yang ada, maka hasilnya akan seperti ini:


Langkah berikutnya adalah mengganti warna - warna pada bangunan dan yang lainnya. caranya yaitu dengan melakukan klik kanan pada layer Merge_1 lalu pilih properties.


Pilih symbology -> categories lalu ubah value field-nya menjadi "keterangan".


Kemudian klik add all value maka akan keluar seluruh value yang ada. kita dapat mengubah warna masing - masing value dengan cara memilih value-nya lalu klik kanan dan pilih properties for selected symbol(s) lalu pilih warna pada "fill color".



Jika semua value sudah diberi warna, klik ok. maka hasil yang didapatkan adalah seperti ini:

 

langkah terakhir yang harus dilakukan adalah save edits dan kemudian stop editing.



Semoga Bermanfaat............

Tidak ada komentar:

Posting Komentar